KONSEP DASAR E-BUSINESS DI ERA DIGITAL

3 min read


 

A.PENDAHULUAN

     Assalamualaikum Wr Wb  

Kembali lagi di blog saya,kali ini saya akan membahas Tentang Evaluasi selama satu minggu, selengkapnya silahkan baca sampai akhir ya...

 

a.Pengertian   

    E-business merupakan berbisnis melalui media digital seperti website, internet, laptop, komputer maupun handphone. e-business menjadi populer saat ini karena membuat kita kita dapat melakukan pembelian tanpa keluar rumah dan hanya bermodal handphone, internet dan atm atau pembayaran melalui aplikasi dana dan semacamnya.

sehingga kurang lengkap apabila suatu bisnis yang menjual barang atau jasa tidak memiliki platform sendiri untuk mendistribusikan barang/jasanya. misalnya seperti orang berjualan baju yang kemudian memasarkan barangnya melalui toko online, sehingga barangnya dapat diakses secara lebih luas.

 
b.Latar Belakang Masalah

karena sekarang zamannya digitalisasi, kita juga harus mempelajarinya , dan bukan hanya memakainya.

 
B.MAKSUD DAN TUJUAN

Paham dalam konsep dasar e-business

   
C.BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN

    batasan :

Konsep dasar E-Business

    ruang lingkup :

Pengertian

Awal perkembangan

Positif dan negatif e-commerce dan e-business



D.TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN

Dapat mengetahui dan memahami betul apa itu E-Businness, sejarah, dan juga aplkasinya.


E.ALAT DAN BAHAN

    -Laptop

    -Internet

    -konsep dasar e-business.pdf


F.TARGET WAKTU

    4 Jam (08.00-12.00WIB)


G.TAHAPAN PELAKSANAAN

    -Diskusi
    -Pembahasan

 Awal Perkembangan e-Business

Pada tahun 1970-an, Aplikasi e-Business pertama kali dikembangkan dan digunakan sebagai transaksi pembayaran melalui internet yang disebut dengan Electronic Fund Transfer (EFT). Dalam perkembangan berikutnya, diketemukannya Elektronic Data Interchange (EDI) yang digunakan untuk mentransfer data secara rutin, seperti dokumen-dokumen sampai pada transaksi keuangan. Pada tahun 1990 dimana teknologi WWW, semakin maju karena tidak hanya menampilkan data saja melainkan sudah mampu menampilkan data gambar, suara, animasi bahkan video. Pada tahun 2000-an, perkembangan e-Business, semakin pesat dimana banyak perusahaan-perusahaan di Amerika, Eropa, Asia bahkan Indonesia telah beralih dalam konsep memasarkan produk-
produknya melalui Internet.

 Positif dan Negatif e-Commerce dan e-Business

Adapun sisi positif penerapan e-Commerce dan e-Business adalah sebagai
berikut:
1. Revenue Stream baru yang mungkin lebih menjanjikan dan tidak bisa ditemui di sistem
transaksi tradisional.
2. Dapat meningkatkan pangsa pasar (market exposure).
3. Menurunkan biaya operasional (operating cost).
4. Melebarkan jangkauan (global reach).
5. Meningkatkan customer loyality.
6. Memperpendek waktu produksi dan pemasaran.
7. Meningkatkan mata rantai pendapatan (value chain).

 Sedangkan sisi negatif penerapan e-Commerce dan e-Business adalah sebagai
berikut:
1. Pencurian informasi rahasia yang berharga. Tindakan ini bisa menyingkap semua
informasi rahasia organisasi kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat
mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
2. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat
kesalahan non-teknis seperti aliran listrik padam atau jaringan yang tidak berfungsi.
3. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti
usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan
reputasi perusahaan tersebut.
4. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan pembobolan
sebuah sistem perbankan oleh hacker, kemudian memindahkan sejumlah rekening
orang lain ke rekeningnya sendiri.
5. Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan
sengaja, ketidak jujuran, praktek bisnis yang tidak benar, dan kesalahan faktor manusia
atau kesalahan sistem elektronik.

  aplikasi yang bersangkutan dengan e-business 

  - ERP  (Enterprise Resource Planning)

merupakan software yang digunakan untuk mengelola informsi , stock barang, mengelola transaksi dan hubungan dengan pelanggan


  - SCM (Supply Chain Management)

merupakan software yang mengatur lalu lintas pasokan yang masuk dan juga barang yang sudah terjaual. sehingga semua barang yang masuk dan barang yang keluar akan tercatat dalam software ini.


  - CRM (Customer Relationship Management)

yaitu software atau algoritma yang memiliki informasi mengenai barang yang sering dicari atau yang sedang dicari oleh pelanggan . sehingga website tahu akan menampilkan dan menawarkan barang apa. 

 

  
H.TEMUAN PERMASALAHAN DAN CARA PENYELESAIAN MASALAHNYA

permasalahan: 

-

penyelesaian:

-


I.KESIMPULAN

   -

 

J.REFERENSI  

-Konsep dasar e-business.pdf


     Wallahua'lam

Sekian dari saya terimakasih...


SMK BISA...!!!




BILLAHI TAUFIQ WAL HIDAYAH WASSALAMUALAIKUM WR WB

 

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar