GENERAL NETWORK TROUBLESHOOTING || TRAINING CISCO

 

A. PENDAHULUAN
a. Pengertian

    Pemecahan masalah adalah proses mengidentifikasi, menemukan dan memperbaiki masalah. Individu yang berpengalaman sering mengandalkan insting untuk memecahkan masalah.


b. Latar Belakang Masalah

    Mengetahui apa yang salah, kemudian memperbaikinya (dan inilah bagian yang sulit) dan tidak secara tidak sengaja membuat masalah baru. Pahami pemecahan masalah dan Anda akan selalu diminati


B. MAKSUD DAN TUJUAN

    Sebagai seorang teknisi harus memahami setiap troubleshooting agar pada saat terjun dalam lapangan tidak kebingungan sehingga dapat memecahkan masalah dengan baik dan benar

 
C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN

    - Modul

    - Bab Troubleshooting


D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN

    Mengetahui apa yang salah, kemudian memperbaikinya (dan inilah bagian yang sulit) dan tidak secara tidak sengaja membuat masalah baru. Pahami pemecahan masalah dan Anda akan selalu diminati

E. ALAT DAN BAHAN

    - Laptop

    - Internet

    - Modul


F. TARGET WAKTU

    6 Jam (21.00-03.00 WIB)


G. TAHAPAN PELAKSANAAN

Proses Pemecahan Masalah

Pemecahan masalah adalah proses mengidentifikasi, menemukan, dan memperbaiki masalah yang terjadi. Ada teknik terstruktur yang dapat digunakan untuk menentukan penyebab dan solusi yang paling mungkin. Dokumentasikan semua langkah yang diambil dalam pemecahan masalah, bahkan yang tidak menyelesaikan masalah.

Untuk mengumpulkan informasi tentang suatu masalah, mulailah dengan berbicara dengan individu yang melaporkan masalah tersebut serta pengguna lain yang terpengaruh. Selanjutnya, kumpulkan informasi tentang peralatan apa pun yang mungkin terpengaruh. Ini dapat dikumpulkan dari dokumentasi. Salinan semua file log dan daftar perubahan terbaru yang dibuat pada konfigurasi peralatan juga diperlukan. Informasi tentang jaringan juga dapat dikumpulkan menggunakan alat pemantauan jaringan.

Pilih pendekatan pemecahan masalah untuk mengatur upaya Anda untuk memperbaiki masalah. Berikut adalah tiga teknik pemecahan masalah terstruktur: top-down, divide-and-conquer, dan bottom-up. Semua pendekatan terstruktur ini mengasumsikan konsep jaringan berlapis. Pendekatan bagus lainnya adalah: ikuti-jalan, substitusi, perbandingan, dan tebakan terpelajar.

Masalah Lapisan Fisik

Masalah lapisan fisik terutama berkaitan dengan aspek perangkat keras komputer dan perangkat jaringan dan kabel yang menghubungkannya. Untuk memecahkan masalah di Layer 1, pertama-tama periksa apakah semua perangkat memiliki catu daya, dan perangkat dihidupkan. Jika masalahnya ada pada nirkabel, pastikan titik akses nirkabel beroperasi dan pengaturan nirkabel dikonfigurasi dengan benar.

Terlepas dari apakah kesalahan ada pada jaringan nirkabel atau kabel, salah satu langkah pertama dalam strategi pemecahan masalah bottom-up harus memeriksa LED, yang menunjukkan status atau aktivitas saat ini dari peralatan atau koneksi. Pengkabelan adalah sistem saraf pusat jaringan kabel dan salah satu penyebab paling umum dari masalah konektivitas. Pastikan untuk menggunakan jenis kabel yang benar. Terminasi kabel yang tidak tepat adalah salah satu masalah utama yang dihadapi dalam jaringan. Untuk menghindari hal ini, kabel harus diterminasi sesuai standar. Panjang maksimum kabel berjalan ada berdasarkan karakteristik kabel yang berbeda. Verifikasi bahwa port yang benar digunakan di antara perangkat jaringan. Lindungi kabel dan konektor dari kerusakan fisik.

Perintah Pemecahan Masalah

Sejumlah program utilitas perangkat lunak tersedia yang dapat membantu mengidentifikasi masalah jaringan. Beberapa utilitas yang tersedia antara lain: ipconfig, ping, netstat, tracert, dan nslookup.

Pada perangkat Windows, Anda dapat melihat informasi konfigurasi IP dengan perintah ipconfig pada prompt perintah. Jika konfigurasi IP tampaknya dikonfigurasi dengan benar di host lokal, selanjutnya, uji konektivitas jaringan dengan menggunakan ping. Ping digunakan untuk menguji apakah host tujuan dapat dijangkau.

Saat memecahkan masalah jaringan dengan koneksi kabel dan nirkabel, gunakan teknik bagi-dan-taklukkan untuk mengisolasi masalah ke jaringan kabel atau nirkabel. Cara termudah untuk menentukan apakah masalahnya ada pada jaringan kabel atau nirkabel adalah dengan:

>Ping dari klien nirkabel ke gateway default - ini memverifikasi apakah klien nirkabel terhubung seperti yang diharapkan.
>Ping dari klien berkabel ke gateway default - ini memverifikasi apakah klien berkabel terhubung seperti yang diharapkan.
>Ping dari klien nirkabel ke klien berkabel - ini memverifikasi apakah router nirkabel berfungsi seperti yang diharapkan.
Utilitas tracert menyediakan informasi konektivitas tentang jalur yang diambil paket untuk mencapai tujuan dan tentang setiap router (hop) di sepanjang jalan. Ini juga menunjukkan berapa lama waktu yang dibutuhkan sebuah paket untuk pergi dari sumber ke setiap hop dan kembali (waktu pulang pergi). Tracert dapat membantu mengidentifikasi di mana sebuah paket mungkin hilang atau tertunda karena kemacetan atau pelambatan dalam jaringan.

Terkadang perlu untuk mengetahui koneksi TCP aktif mana yang terbuka dan berjalan pada host jaringan. Netstat adalah utilitas jaringan penting yang dapat digunakan untuk memverifikasi koneksi tersebut. Netstat mencantumkan protokol yang digunakan, alamat lokal dan nomor port, alamat asing dan nomor port, dan status koneksi.

Utilitas nslookup memungkinkan pengguna akhir untuk mencari informasi tentang nama DNS tertentu di server DNS. Ketika perintah nslookup dikeluarkan, informasi yang dikembalikan termasuk alamat IP dari server DNS yang digunakan serta alamat IP yang terkait dengan nama DNS yang ditentukan. Nslookup sering digunakan sebagai alat pemecahan masalah untuk menentukan apakah server DNS melakukan resolusi nama seperti yang diharapkan.

Memecahkan Masalah Nirkabel

Komunikasi nirkabel mengandalkan sinyal RF untuk membawa data. Banyak faktor yang dapat memengaruhi kemampuan kami untuk menghubungkan host menggunakan RF:

Tidak semua standar nirkabel kompatibel.
Setiap percakapan nirkabel harus terjadi pada saluran yang terpisah dan tidak tumpang tindih.
Kekuatan sinyal RF berkurang dengan jarak.
Sinyal RF rentan terhadap gangguan dari sumber luar, termasuk perangkat lain yang berfungsi pada frekuensi yang sama.
AP berbagi bandwidth yang tersedia antar perangkat.
WLAN modern menggabungkan berbagai teknologi untuk membantu mengamankan data di WLAN. Konfigurasi yang salah dari semua ini dapat mencegah komunikasi. Beberapa pengaturan paling umum yang tidak dikonfigurasi dengan benar meliputi: SSID, otentikasi, dan enkripsi.

Masalah Konektivitas Internet Umum

Jika koneksi fisik ke host berkabel atau nirkabel tampak terhubung seperti yang diharapkan, periksa konfigurasi IP klien. Dalam kebanyakan kasus, router nirkabel menerima alamat IP sendiri melalui DHCP dari ISP. Periksa untuk memastikan bahwa router memiliki alamat IP, dan coba untuk melepaskan dan memperbarui alamat menggunakan utilitas GUI.

Jika host di jaringan lokal berkabel dan nirkabel dapat terhubung ke router nirkabel dan dengan host lain di jaringan lokal, tetapi tidak ke internet, masalahnya mungkin ada pada koneksi antara router dan ISP. Menggunakan GUI, salah satu cara untuk memeriksa konektivitas adalah dengan memeriksa halaman status router. Itu harus menunjukkan alamat IP yang diberikan oleh ISP dan harus menunjukkan jika koneksi dibuat. Jika halaman ini tidak menunjukkan koneksi, router nirkabel mungkin tidak terhubung. Jika perute nirkabel masih tidak dapat terhubung, hubungi ISP untuk melihat apakah masalah terjadi dari ujungnya.

jika firewall jaringan digunakan di sepanjang jalur, penting untuk memeriksa apakah port TCP atau UDP aplikasi terbuka dan tidak ada daftar filter yang memblokir lalu lintas ke port tersebut. Jika semua klien mendapatkan konfigurasi IP yang benar, dan dapat terhubung ke router nirkabel tetapi tidak dapat melakukan ping satu sama lain, atau tidak dapat mengakses server atau aplikasi jarak jauh, masalahnya mungkin pada aturan pada router. Periksa semua pengaturan pada router untuk memastikan tidak ada batasan keamanan yang dapat menyebabkan masalah. Verifikasi bahwa firewall lokal pada perangkat klien tidak mencegah fungsionalitas jaringan.

Dukungan Pelanggan

Beberapa sumber bantuan yang paling umum meliputi: dokumentasi yang disimpan sebelumnya, FAQ online, kolega dan profesional jaringan lainnya, dan sumber internet termasuk forum, artikel, dan blog. Meja dukungan adalah sekelompok individu dengan pengetahuan dan alat yang diperlukan untuk membantu mendiagnosis dan memperbaiki masalah umum. Jika perlu, meja dukungan dapat mengendalikan host lokal melalui perangkat lunak akses jarak jauh. Meja dukungan akan memerlukan informasi khusus untuk masalah termasuk: gejala yang dihadapi, siapa yang mengalami masalah, kapan masalah itu muncul, langkah yang diambil untuk mengidentifikasi masalah, dan hasil dari langkah yang diambil.

Jika staf meja dukungan tingkat pertama tidak dapat memecahkan masalah, mereka dapat meningkatkan masalah ke tingkat yang lebih tinggi. Staf tingkat yang lebih tinggi umumnya lebih berpengetahuan dan memiliki akses ke sumber daya dan alat yang tidak dimiliki oleh meja dukungan tingkat pertama. Catat semua informasi mengenai interaksi dengan meja dukungan, seperti: waktu/tanggal panggilan, nama/ID teknisi, masalah yang dilaporkan, tindakan yang diambil, resolusi/eskalasi, dan langkah selanjutnya.

Ketika teknisi meja dukungan Level 1 menerima panggilan, ada proses yang diikuti untuk mengumpulkan informasi. Ada juga sistem khusus untuk menyimpan dan mengambil informasi yang relevan. Sangat penting untuk mengumpulkan informasi dengan benar jika panggilan harus ditingkatkan ke Level 2 atau memerlukan kunjungan di tempat. Informasi tersebut ditransfer ke tiket masalah, atau laporan insiden. Ketika masalah teratasi, solusinya didokumentasikan dalam perintah kerja pelanggan atau tiket masalah, dan dalam dokumen basis pengetahuan untuk referensi di masa mendatang.

H. TEMUAN PERMASALAHAN DAN CARA PENYELESAIAN MASALAHNYA
   
Permasalahan :
    Penyelesaian :
I. REFERENSI  
   
- Trainer BPN (Kang Jon, Kang Cep Fadil, Bang Ferdy)
    - Modul

Posting Komentar

© AdibAunur. All rights reserved. Distributed by Pixabin