A. PENDAHULUAN
a. Pengertian
Etika Komunikasi adalah sikap atau adab yang digunakan pada saat berkomunikasi dengan orang lain.
b. Latar Belakang Masalah
Etika komunikasi itu penting untuk kita dan sangat berguna pada saat kita berkomunikasi dengan orang lain di dunia kerja. Bahkan dari Etika komunikasi membuat orang lain merasa nyaman apa yang kita bicarakan, tentunya adanya Etika juga berperan dalam mengatur hidup dan bertindak secara bertanggung jawab.
B. MAKSUD DAN TUJUAN
Etika dalam Berkomunikasi agar kita tau bagaimana beretika dalam berkomunikasi dengan benar bahkan membuat lawan bicara kita merasa nyaman apa yang kita bicarakan.
C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN
Etika Komunikasi
D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN
Memahami Etika komunikasi dan dapat melakukan komunikasi sesuai dengan etika yang seharusnya.
E. ALAT DAN BAHAN
- Laptop
- Internet
F. TARGET WAKTU
8 Jam (08.00-16.00 WIB)
G. TAHAPAN PELAKSANAAN
Pengertian Etika Komunikasi
Etika adalah watak batin seseorang atau sikap sopan santun. Sedangkan, Komunikasi adalah hubungan interaksi dengan dua orang atau lebih. Jadi, Etika Komunikasi adalah sikap atau adab yang digunakan pada saat berkomunikasi dengan orang lain. Misalnya : Etika berkomunikasi dengan orang yang lebih tua dengan menggunakan bahasa yang sopan.
Teknik Komunikasi Yang Baik antara lain :
- Menggunakan kata dan kalimat yang baik menyesuaikan dengan lingkungan.
- Gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh lawan bicara.
- Menatap mata lawan bicara dengan lembut.
- Memberikan ekspresi wajah yang ramah dan murah senyum.
- Gunakan gerakan tubuh / gesture yang sopan dan wajar.
- Bertingkah laku yang baik dan ramah terhadap lawan bicara
- Memakai pakaian yang rapi, menutup aurat dan sesuai sikon
- Tidak mudah terpancing emosi lawan bicara
5W + 1H Untuk Komunikasi Yang Efektif
- Who (siapa)
- What (apa)
- Where (dimana)
- When (kapan)
- Why (mengapa)
- How (bagaimana)
H. TEMUAN PERMASALAN DAN PENYELESAIANNYA
Masih pasif ketika di ajak komunikasi
Penyelesaian :
Berani mencoba mengungkapkan pendapat atau bertanya dan jangan takut salah.
I. REFERENSI
- Etika_Komunikasi.pdf
- https://id.wikipedia.org/wiki/Etika_komunikasi