A. PENDAHULUAN
a. Pengertian
Budaya adalah gaya hidup yang berkembang dalam suatu kelompok dan diwariskan dari turun temurun, sedangkan Kerja adalah melakukan sesuatu untuk mendapatkan hasil. Jadi, Budaya Kerja adalah kebiasaan ataupun sikap yang sudah terpola oleh seorang pegawai dalam bekerja dan suatu organisasi.
Efektifitas kepemimpinan merupakan kemampuan pemimpin dalam menggerakan, mempengaruhi dan memberi motivasi dalam suatu organisasi sehingga tujuan dapat tercapai dengan tepat waktu.
b. Latar Belakang Masalah
Budaya Kerja itu penting untuk kita dan sangat berguna pada saat kita bekerja dengan orang lain di dunia kerja. Bahkan dari adanya Budaya Kerja membuat kita meningkatkan produktivitas kerja.
B. MAKSUD DAN TUJUAN
Budaya kerja dengan adanya budaya kerja kita dapat mengubah sikap dan juga perilaku SDM yang ada agar dapat meningkatkan produktivitas kerja untuk menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang.
C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN
Budaya Kerja
- Pengertian Budaya Kerja dan Efektifitas Kepemimpinan
- Nilai - Nilai Budaya Kerja
- Pedoman Dasar Kepemimpinan Efektif
D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN
Dapat memahami dan mengimplementasikan dalam pekerjaan.
E. ALAT DAN BAHAN
- Laptop
- Internet
F. TARGET WAKTU
8 Jam (08.00-16.00 WIB)
G. TAHAPAN PELAKSANAAN
Budaya adalah gaya hidup yang berkembang dalam suatu kelompok dan diwariskan dari turun temurun, sedangkan Kerja adalah melakukan sesuatu untuk mendapatkan hasil. Jadi, Budaya Kerja adalah kebiasaan ataupun sikap yang sudah terpola oleh seorang pegawai dalam bekerja dan suatu organisasi.
Efektifitas kepemimpinan merupakan kemampuan pemimpin dalam menggerakan, mempengaruhi dan memberi motivasi dalam suatu organisasi sehingga tujuan dapat tercapai dengan tepat waktu.
Tata Nilai Budaya Kerja dalam Kmendikbud yaitu :
Memiliki Integritas
Keselarasan antara pikiran, perbuatan dan perkataan. Orang-orang yang memiliki integritas mengatakan kebenaran, dan orang- orang itu memegang kata-kata mereka. Mereka bertanggung jawab atas tindakan-tindakan mereka di masa lalu, mengakui kesalahan mereka dan mengoreksinya.
Contohnya jujur dalam setiap tindakannya dan selalu menjunjung tinggi kebenaran dalam setiap tindakan.
Kreatif dan Inovatif
Memiliki kemampuan menciptakan hal yang baru dan belum diciptakan oleh orang lain.
Contohnya membuat SOP agar mempercepat proses pekerjaan.
Inisiatif
Melakukan sesuatu tanpa perlu diperintah.
Contohnya responsif dan sigap melayani kebutuhan baik individu maupun kelompok.
Pembelajar
Selalu berusaha untuk mengembangkan kompetensinya dan mengambil hikmah atas yang dia lakukan untuk di jadikan motivasi agar lebih bersemangat.
Contohnya ambil hikmah atas setiap kesalahan jangan selalu diungkit ungkit terus.
Menjunjung Meritokrasi
Menjunjung tinggi keadilan dalam pemberian penghargaan bagi karyawan yang berkompeten.
Contohnya berkompetisi dengan cara yang sehat.
Terlibat Aktif
Selalu mengikuti di setiap kegiatan organisasi.
Contohnya ketika ada suatu workshop selalu mengikutinya dan selalu memberi dukungan dengan teman sekerja.
Tanpa Pamrih
Bekerja dengan tulus dan ikhlas dan penuh dedikasi.
Contohnya rela membantu teman sekerja.
Pedoman Dasar Kepemimpinan Efektif yaitu :
Keluwesan adalah kemampuan untuk menggunakan bermacam-macam pendekatan dalam mengatasi persoalan.
Partisipatif adalah bagian keikutsertaan seseorang dalam suatu perencanaan dan juga ikut betanggung jawab.
Berorientasi pada pencapaian adalah mampu mempertahankan komitmennya untuk menyelesaikan tugas.
Transformasional adalah kemampuan untuk menciptakan lingkungan yang penuh dengan kreativitas.
H. TEMUAN PERMASALAN DAN PENYELESAIANNYA
Kurang memberikan pendapat dalam berdiskusi
Penyelesaian
Ucapkanlah ketika ingin berargumen jangan takut mencoba
I. REFERENSI