Bisnis Online || BLC Telkom Klaten

3 min read


A. PENDAHULUAN
    a. Pengertian

    Internet Marketing atau Periklanan Daring (Online Advertising) menurut Wikipedia adalah bentuk dari pemasaran dan periklanan melalui atau menggunakan media online atau internet, untuk mengirim pesan-pesan promosi suatu produk atau kepada konsumen.

    Bisnis Online adalah segala kegiatan yang memanfaatkan penggunaan internet sebagai media untuk menjalankan kegiatan bisnisnya, kegiatan bisnis meliputi dengan transaksi jual beli online, penyediaan jasa secara online, dan berbagai jenis bisnis onlinenya.

 
    b. Latar Belakang Masalah

    Dikarenakan belum mengetahui mengenai Bisnis Online dan apa saja yang harus dilakukan sebelum membangun Bisnis Online.


B. MAKSUD DAN TUJUAN

    Bisnis Online agar dapat mengerti apa saja harus dilakukan sebelum membangun Bisnis Online dan apa saja kelebihan dan kekurangan bisnis online.


C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN

    Bisnis Online

  • Pengertian Bisnis Online
  • Internet Marketing
  • Jenis-Jenis Bisnis Online
  • Syarat-Syarat Bisnis Online
  • Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online
  • Perbedaan Bisnis Online dengan Bisnis Offline
  • Menjalankan Bisnis Online

 

D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN

    Dapat mengerti apa saja yang harus dilakukan sebelum membangun bisnis online.


E. METODE PELAKSANAAN

  • Briefing
  • Membaca
  • Memahami
  • Mencatat Point Penting

 

F. ALAT DAN BAHAN

  • Laptop
  • Internet
  • E-Book Bisnis Online

 

G. TARGET WAKTU

    4 Jam (12.00-16.00 WIB)


H. TAHAPAN PELAKSANAAN

  • Pengertian Bisnis Online

    Bisnis Online adalah segala kegiatan yang memanfaatkan penggunaan internet sebagai media untuk menjalankan kegiatan bisnisnya, kegiatan bisnis meliputi dengan transaksi jual beli online, penyediaan jasa secara online, dan berbagai jenis bisnis onlinenya.

 

  • Internet Marketing

Internet Marketing merupakan sebuah bentuk dari pemasaran dengan menggunakan media internet untuk promosi kepada para konsumen.

    Contoh-contoh Internet Marketing :

a. Pemasaran melalui situs Web

b. Pemasaran di Media Sosial

c. Pemasaran melalui Marketplace

    Manfaat Internet Marketing :

a. Fleksibilitas waktu dan tempat (Kapan saja dan dimana saja)

b. Efesiensi biaya Promosi (Adanya platform gratis dan iklan berbayar murah)

c. Meminimalisir resiko


  • Jenis-Jenis Bisnis Online

1. Online Shop

2. Blogging

3. Paid Writing (Menulis e-book dan menjualnya secara online)

4. Affiliate Marketer/Reseller

5. Jasa SEO (Pengoptimalan Mesin Telusur)

6. Pay Per Click

  • Syarat-Syarat Bisnis Online

1. Akses Internet

2. Alat Pembayaran Online

3. Rekening Bank

4. Blog, Web Blog, atau Website

  • Perbedaan Bisnis Online dengan Bisnis Offline

1. Modal Usaha

    Bisnis Online modal lebih sedikit.

    Bisnis Offline membutuhkan menyewa toko, biaya listrik, dan biaya operasional lainnya.

2. Jangkauan Pasar

    Jangkauan Bisnis Online sangat luas dengan pengguna internet yang sudah menjangkau hampir seluruh negara di dunia.

    Jangkauan Bisnis Offline sangat sempit dengan konsumen yang datang berbelanja hanya masyarakat di sekitar toko saja.

3. Waktu Tak Terbatas

    Bisnis Online tidak terikat oleh waktu dan buka 24 Jam

    Bisnis Offline hanya bisa buka dengan waktu yang terbatas

4. Sistem Pemasaran

    Bisnis Online dengan berpromosi gratis lewat media sosial

    Bisnis Offline dengan melalui media cetak, iklan di media massa dan membutuhkan biaya yang cukup mahal.


  • Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

    Kelebihan Bisnis Online :

a. Tidak terbatas ruang dan waktu

b. Tidak terlibat lembaga

c. Modal yang terjangkau

d. Transaksi yang cepat dan mudah

e. Tidak membutuhkan banyak tenaga

f. Banyak peluang bisnis

    Kekurangan Bisnis Online :

a. Penyebaran internet belum merata

b. Penipuan Online

c. Jarang tersentuh hukum

d. Keuntungan tidak instan


I. TEMUAN PERMASALAHAN DAN PENYELESAIANNYA

    Masih bingung mengenai Sistem Pemasaran

    Penyelesaian :

    Sistem Pemasaran  bagaiman agar toko kita dapat dikenal oleh orang lain maka kita bisa berpromosi iklan di TV dan lewat media sosial, Ibaratkan sepeda ada rantai, kayuh, dan roda kalau rantainya putus maka kita sepedapun tidak bisa berjalan.


J. KESIMPULAN

    Dalam membangun sebuah toko online harus mengetahui apa saja yang harus dilakukan sebelum membangun toko online agar meminimalisir kerugian serta mengetahui adanya UU ITE.


K. REFERENSI

  • Bisnis Online.pdf

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar