Cara Membuat Asisten Chat Balasan Pesan Otomatis di Shopee || BLC Telkom Klaten

3 min read

 


A. PENDAHULUAN
    a. Pengertian

    Asisten Chat adalah fitur yang dapat dengan mudah mengatur chat Anda dan memberikan pelayanan Pembeli yang baik.

    Asisten FAQ adalah fitur Chat Penjual yang memungkinkan Anda mengatur balasan otomatis untuk pertanyaan yang sering diajukan oleh Pembeli ketika memulai chat dengan Anda.    


    b. Latar Belakang Masalah

    Dikarenakan untuk meningkatkan performa chat maka harus menggunakan asisten chat atau asisten FAQ pada fitur Shopee Seller.


B. MAKSUD DAN TUJUAN

    Mengaktifkan fitur asisten chat di Shopee Seller agar meningkatkan performa chat toko kita.


C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN

    Shopee Seller

  • Asisten Chat
  • Asisten FAQ

 

D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN

    Dapat mengaktifkan fitur Asisten Chat di toko kita.


E. METODE PELAKSANAAN

  • Breifing
  • Mencari Referensi
  • Mempraktekan

 

F. ALAT DAN BAHAN

  • Laptop
  • Internet
  • Akun Shopee Seller

 

G. TARGET WAKTU

    1 Jam (13.00-14.00 WIB)


H. TAHAPAN PELAKSANAAN

    Asisten Chat Pada Fitur Shopee Seller

Asisten Chat adalah fitur yang dapat dengan mudah mengatur chat Anda dan memberikan pelayanan Pembeli yang baik.

    Manfaat adanya fitur Asisten Chat ialah membuat terlihat fast respon, dapat menghemat waktu dalam menjawab pertanyaan yang sama dan meningkatkan pelayanan Pembeli, terutama saat terjadinya lonjakan chat yang masuk ketika promo Shopee sedang berlangsung.

    Berikut merupakan cara mengakses fitur Asisten Chat pada Shopee Seller :

1. Login ke akun Shopee Seller

    https://seller.shopee.co.id/account/signin?next=%2F 

2. Klik menu Asisten Chat

    Setelah Login dengan email dan kata sandi kemudian klik menu Asisten Chat untuk pembuatan pesan otomatis.


3. Aktifkan Auto-Reply

    Aktifkan pada bagian Auto-Reply. Kemudian pada bagian pesan silahkan pilih Ubah.

 

4. Mengatur pesan otomatis

    Di kolom ini silahkan isi dengan kata-kata sambutan saat calon konsumen menghubungi Anda. Contoh Pesan otomatis yang dapat digunakan :

  • Selamat datang di Toko Sidodadi Jaya Group, ada yang bisa saya bantu kak?
  • Terima kasih sudah menghubungi kami. Pesan akan dibalas satu persatu oleh Admin kami. Mohon ditunggu ya.
  • Jika Anda mempertanyakan ketersediaan stok, maka semua produk yang bisa di checkout berarti ready. Jadi langsung saja di order. Terima Kasih

    Anda juga bisa membuat pesan otomatis yang lebih keren dibanding contoh diatas. Setelah itu klik Simpan

 

5. Aktifkan Auto-Reply Offline

    Adanya Auto-Reply Offline ini ketika pesan yang dikirim Pembeli di luar jam operasional akan otomatis dibalas dengan Auto-Reply Offline. Kemudian pilih Ubah.

    Contoh pesannya bisa sebagai berikut :

  • Hi kak!! Pesanmu telah kami terima. DIkarenakan pesan diterima diluar jam operasional toko, kami akan membalas pesanmu saat kami kembali online. Terima kasih!
    Anda juga bisa mengatur sesuai jam operasional toko ataupun keinginan Anda. Kemudian pilih Simpan.

6. Membuat Template Pesan

    Template pesan Shopee sangat berguna dan memudahkan Anda menanyakan sesuatu ke penjual tanpa harus mengetiknya secara manual.

    Template Pesan di Asisten Chat memungkinkan Anda untuk membuat Template Pesan yang sering dikirim. Fitur ini dapat membantu Anda menghemat waktu dalam menjawab pertanyaan yang sama dan meningkatkan pelayanan Pembeli, terutama saat terjadinya lonjakan chat yang masuk ketika promo Shopee sedang berlangsung.


    Silahkan pilih menu Template Pesan, Kemudian pilih +Template

    Kemudian isi kolom tersebut sesuai keinginan Anda, Kemudian Simpan.

     

    Anda dapat melihat, Ubah, Hapus, mengaktifkan, atau menonaktifkan grup yang ada di bawah Template Pesan Saya pada tab Template Pesan.


I. TEMUAN PERMASALAHAN DAN PENYELESAIANNYA

    Chat otomatis tidak muncul

    Penyelesaian :

    Gunakan akun Shopee yang lain jangan akun Toko


J. KESIMPULAN

    Dengan adanya Fitur Asisten Chat ini dapat membantu Anda menghemat waktu dalam menjawab pertanyaan yang sama dan meningkatkan pelayanan Pembeli, terutama saat terjadinya lonjakan chat yang masuk ketika promo Shopee sedang berlangsung.


K. REFERENSI

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar