A. PENDAHULUAN
a. Pengertian
Asisten Chat adalah fitur yang dapat dengan mudah mengatur chat Anda dan memberikan pelayanan Pembeli yang baik.
Asisten FAQ adalah fitur Chat Penjual yang memungkinkan Anda mengatur balasan otomatis untuk pertanyaan yang sering diajukan oleh Pembeli ketika memulai chat dengan Anda.
b. Latar Belakang Masalah
Dikarenakan untuk meningkatkan performa chat maka harus menggunakan asisten chat atau asisten FAQ pada fitur Shopee Seller.
B. MAKSUD DAN TUJUAN
Mengaktifkan fitur asisten chat di Shopee Seller agar meningkatkan performa chat toko kita.
C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN
Shopee Seller
- Asisten Chat
- Asisten FAQ
D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN
Dapat mengaktifkan fitur Asisten Chat di toko kita.
E. METODE PELAKSANAAN
- Breifing
- Mencari Referensi
- Mempraktekan
F. ALAT DAN BAHAN
- Laptop
- Internet
- Akun Shopee Seller
G. TARGET WAKTU
1 Jam (13.00-14.00 WIB)
H. TAHAPAN PELAKSANAAN
Asisten Chat Pada Fitur Shopee Seller
Asisten Chat adalah fitur yang dapat dengan mudah mengatur chat Anda dan memberikan pelayanan Pembeli yang baik.
Manfaat adanya fitur Asisten Chat ialah membuat terlihat fast respon, dapat menghemat waktu dalam menjawab pertanyaan yang sama dan meningkatkan pelayanan Pembeli, terutama saat terjadinya lonjakan chat yang masuk ketika promo Shopee sedang berlangsung.
Berikut merupakan cara mengakses fitur Asisten Chat pada Shopee Seller :
1. Login ke akun Shopee Seller
https://seller.shopee.co.id/account/signin?next=%2F
2. Klik menu Asisten Chat
Setelah Login dengan email dan kata sandi kemudian klik menu Asisten Chat untuk pembuatan pesan otomatis.
3. Aktifkan Auto-Reply
Aktifkan pada bagian Auto-Reply. Kemudian pada bagian pesan silahkan pilih Ubah.
4. Mengatur pesan otomatis
Di kolom ini silahkan isi dengan kata-kata sambutan saat calon konsumen menghubungi Anda. Contoh Pesan otomatis yang dapat digunakan :
- Selamat datang di Toko Sidodadi Jaya Group, ada yang bisa saya bantu kak?
- Terima kasih sudah menghubungi kami. Pesan akan dibalas satu persatu oleh Admin kami. Mohon ditunggu ya.
- Jika Anda mempertanyakan ketersediaan stok, maka semua produk yang bisa di checkout berarti ready. Jadi langsung saja di order. Terima Kasih
Anda juga bisa membuat pesan otomatis yang lebih keren dibanding contoh diatas. Setelah itu klik Simpan
5. Aktifkan Auto-Reply Offline
Adanya Auto-Reply Offline ini ketika pesan yang dikirim Pembeli di luar jam operasional akan otomatis dibalas dengan Auto-Reply Offline. Kemudian pilih Ubah.
Contoh pesannya bisa sebagai berikut :
- Hi kak!! Pesanmu telah kami terima. DIkarenakan pesan diterima diluar jam operasional toko, kami akan membalas pesanmu saat kami kembali online. Terima kasih!
6. Membuat Template Pesan
Template pesan Shopee sangat berguna dan memudahkan Anda menanyakan sesuatu ke penjual tanpa harus mengetiknya secara manual.
Template Pesan di Asisten Chat memungkinkan Anda untuk membuat Template Pesan yang sering dikirim. Fitur ini dapat membantu Anda menghemat waktu dalam menjawab pertanyaan yang sama dan meningkatkan pelayanan Pembeli, terutama saat terjadinya lonjakan chat yang masuk ketika promo Shopee sedang berlangsung.
Silahkan pilih menu Template Pesan, Kemudian pilih +Template
Kemudian isi kolom tersebut sesuai keinginan Anda, Kemudian Simpan.
Anda dapat melihat, Ubah, Hapus, mengaktifkan, atau menonaktifkan grup yang ada di bawah Template Pesan Saya pada tab Template Pesan.
I. TEMUAN PERMASALAHAN DAN PENYELESAIANNYA
Chat otomatis tidak muncul
Penyelesaian :
Gunakan akun Shopee yang lain jangan akun Toko
J. KESIMPULAN
Dengan adanya Fitur Asisten Chat ini dapat membantu Anda menghemat waktu dalam menjawab pertanyaan yang sama dan meningkatkan pelayanan Pembeli, terutama saat terjadinya lonjakan chat yang masuk ketika promo Shopee sedang berlangsung.
K. REFERENSI