A. PENDAHULUAN
a. Pengertian
E-Business atau Electronic Business merupakan aktifitas bisnis yang memanfaatkan teknologi internet sebagai media transaksinya.
b. Latar Belakang Masalah
Dikarenakan kami belum mengetahui apa itu e-Business dan apa aja keuntungannya untuk bisnis kita.
B. MAKSUD DAN TUJUAN
Berdiskusi e-Business agar kami memahami tentang e-Business.
C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN
E-Business
- Pengertian E-Business
- Hubungan E-Business dan E-Commerce
- Positif dan Negatif e-Business dan e-Commerce
- Aplikasi e-Business
D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN
Dapat memahami dan menerapkan ketika melakukan bisnis online.
E. METODE PELAKSANAAN
- Berdiskusi
F. ALAT DAN BAHAN
- Laptop
- Internet
- Konsep Dasar E-Business.pdf
G. TARGET WAKTU
8 Jam (08.00-16.00 WIB)
H. TAHAPAN PELAKSANAAN
- Pengertian E-Business
E-Business atau Electronic Business merupakan aktifitas bisnis yang memanfaatkan teknologi internet sebagai media transaksinya.
- Hubungan E-Business dan E-Commerce
e-Commerce merupakan bagian dari e-Business hanya saja e-Business cakupanya lebih luas, bahkan adanya kolaborasi mitra bisnis, pelayanan nasabah dan lain-lain.
- Positif dan Negatif e-Business dan e-Commerce
Dampak positif adanya e-Commerce dan e-Business adalah sebagai berikut :
1. Meningkatkan jumlah pengunjung
2. Biaya lebih murah
3. Jangkauan lebih luas
4. Meningkatkan customer loyality
Sedangkan sisi negatif adanya e-Commerce dan e-Business adalah sebagai berikut :
1. Adanya pencurian data (hacker)
2. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan
3. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen
4. Kerugian yang tidak terduga
- Aplikasi e-Busines
Ketika memilki sebuah aplikasi bisnis harus mempunyai beberapa fitur yang dapat memfasilitasi kegiatan tersebut. Berikut fitur-fitur yang harus ada pada aplikasi e-Business :
1. ERP (Enterprise Resource Planning)
ERP merupakan komponen utama dari e-Business yaitu sistem operasi bisnis.
2. CRM (Customer Relastionship Management)
CRM merupakan usaha penjual dalam menjaga hubungan dengan pembelinya.
3. SCM (Supply Chain Management)
SCM merupakan perencanaan dan pengendalian yang baik atas kegiatan pengadaan berupa aliran material/produk.
I. TEMUAN PERMASALAHAN DAN PENYELESAIANNYA
Masih bingung mengenai CRM dan SCM
Penyelesaian :
Membaca kembali E-Book e-Business
J. KESIMPULAN
E-Business merupakan aktifitas bisnis dengan memanfaatkan media internet, bahkan dengan adanya internet di seluruh dunia maka jika kita membangun bisnis online maka toko kita akan dikenal oleh banyak orang.
K. REFERENSI
- E-Business.pdf