Rahasia Agar BIsnis Lebih Terarah || BLC Telkom Klaten

2 min read

 

A. PENDAHULUAN
    a. Pengertian

    Smart Goal merupakan panduan dalam menentukan tujuan. SMART merupakan kependekan dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Timebound. Saat ini SMART digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis mereka agar dapat lebih terarah untuk mencapai target yang di ingin diraih.


    b. Latar Belakang Masalah

    Dikarenakan ketika suatu perusahaan mengalami krisis finansial dan belum terarah maka dengan menggunakan metode SMART suatu perusahaan akan mencapai target.

 
B. MAKSUD DAN TUJUAN

    Dengan menggunakan metode SMART Goals suatu perusahaan akan lebih terarah dan mencapai suatu target.


C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN

    SMART Goals


D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN

    Dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari maupun di dunia kerja agar dapat lebih terarah.


E. ALAT DAN BAHAN

    - Laptop

    - Internet

    - Modul Smart Goals


F. TARGET WAKTU

    6 Jam (08.00-16.00 WIB)


G. TAHAPAN PELAKSANAAN

    - Briefing

    Pembahasan

    SMART merupakan kependekan dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant dan Timebound. Sehingga ketika ingin menggapai suatu impian tentu memiliki cara dan tahapannya masing-masing. Metode yang dapat mempermudah dalam menetapkan target yaitu dengan metode SMART Goals.

    Metode SMART Goals Untuk Mencapai Tujuan

  • Specific (Khusus)

    Saat kamu memiliki target kamu perlu menetapkan target yang spesifik. Sehingga suatu target yang secara khusus, bukan target yang dapat ditentukan secara umum.


  • Measurable (Terukur)

    Measurable atau Terukur adalah mengukur progress dari tujuan spesifik yang sudah kamu buat. Sehingga untuk mencapai suatu tujuan dengan menentukan langkah selanjutnya dari fakta-fakta yang sudah ada.


  • Achievable (Dapat Tercapai)

    Jika kamu mempunyai target itu kamu dapat menilai apakah tujuan yang telah kamu buat tersebut tercapai tidak. Apabila tidak, maka kamu bisa menetapkan tujuan yang lainnya. 


  • Relevant (Sesuai)

    Ketika mempunyai target kamu perlu memilih target yang sesuai dengan kemampuanmu sendiri. 


  • Timebound (Batas Waktu)

     JIka memiliki tujuan harus memiliki batas waktu dalam mencapai tujuan/goal. Batas waktu ini harus realistis agar dapat mempersiapkan sumber dana yang diperlukan sedini mungkin.

 

H. TEMUAN PERMASALAN DAN PENYELESAIANNYA

    Ketika melakukan suatu pekerjaan belum memiliki yang namanya SMART Goal maka dengan adanya SMART Goals itu sebagai metode untuk menentukan suatu tujuan maupun target tersebut.


I. REFERENSI

    - smart-goal.pdf

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar