STANDART OPERATING PROCEDURE || BLC Telkom Klaten

1 min read

 

A. PENDAHULUAN
    a. Pengertian

    Standart Operating Prosedure (SOP) adalah serangkaian instruksi kerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan.


    b. Latar Belakang Masalah

    DIkarenakan seorang pekerja harus memiliki SOP atau aturan main suatu pekerjaan untuk menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas atau tim dalam organisasi.


B. MAKSUD DAN TUJUAN

    Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.


C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN

    Standart Operating Procedure


D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN

    Dapat mengimplementasikan dalam dunia kerja


E. ALAT DAN BAHAN

    - Laptop

    - Internet

    - Modul SOP


F. TARGET WAKTU

    6 Jam (08.00-16.00 WIB)


G. TAHAPAN PELAKSANAAN

    1. Manfaat Standar Operasional Prosedur
▪ sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya.
▪ Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas.
▪ Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual pegawai dan organisasi secara keseluruhan.


    2. Tujuan Standard Operating Prosedure (SOP)
▪ Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.
▪ Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi.
▪ Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait


    PENERAPAN SOP DALAM MANAJEMRN PERKANTORAN
Proses penerapan harus dapat memastikan bahwa output yang dikehendaki dapat diwujudkan yaitu:
1. Setiap pelaksanaan mengetahui SOP yang baru disusun dan alasan perubahannya.
2. Salinan/kopi SOP disebarluaskan sesuai kebutuhan dan siap diakses oleh semua pengguna potensial.
3. Setiap pelaksanaan mengetahui perannya dalam SOP dan dapat menggunakan semua pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki untuk menerapkannya secara aman dan efektif.
4. Ada mekanisme untuk memonitor/memantau kinerja, mengidentifikasi masalah-masalah yang mungkin timbul, dan menyediakan dukungan dalam proses penerapan SOP.


H. TEMUAN PERMASALAHAN DAN CARA PENYELESAIAN MASALAHNYA
    Permasalahan :
    Penyelesaian :


I. REFERENSI

    -https://id.wikipedia.org/wiki/Prosedur_operasi_standar

    -http://172.22.1.254/ajar/KETENAGAKERJAAN/SOP/SOP%20-%20Pengertian%20STANDAR%20OPERASIONAL%20PROSEDUR.pdf

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar