A. PENDAHULUAN
a. Pengertian
Copywriting adalah teknik menulis untuk iklan, kalau seorang salesmen meyakinkan calon pembeli dengan ucapan agar membeli produknya, maka copywriting mengunakan bahasa text dan gambar untuk menarik minat hingga membeli barang dan jasa, lebih jauh untuk mengunjungi website atau channel video youtube anda.
b. Latar Belakang Masalah
Dikarenakan jumlah trafic pengunjung jualan yang rendah maka harus menggunakan Teknik Copywriting.
B. MAKSUD DAN TUJUAN
Copywriting agar dapat memahami dan mengimplementasikan di papan iklan agar pembeli tertarik dangan toko kita dengan menggunakan Copywriting.
C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN
Copywriting
- Pengertian
- Jenis-Jenis
D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN
Memahami dan dapat mengimplementasikan di dalam iklan produk kita.
E. METODE PELAKSANAAN
- Breifing
- Mencari Referensi
- Membuat Iklan
F. ALAT DAN BAHAN
- Laptop
- Internet
G. TARGET WAKTU
8 Jam (08.00-16.00 WIB)
H. TAHAPAN PELAKSANAAN
Kemampuan Copywriting adalah juga bisa diterapkan dalam berbagai media pemasaran, seperti teks pada landing page, artikel blog, post media sosial, headline dan meta description, Iklan berbayar di Google atau, media sosial, judul hingga deskripsi video YouTube.
Iklan televisi, ulasan produk di YouTube, dan bahkan video singkat tentang cara menggunakan suatu produk adalah contoh copywriting lisan.
Jenis-jenis copyrwriting:
1. Direct response copywriting
Direct response copywriting adalah bentuk konten tulisan yang mengarahkan orang untuk mengklik halaman di sebuah website.
2. Marketing copywriting
Marketing copywriting adalah bentuk konten yang menyampaikan informasi penjualan untuk meyakinkan konsumen berupa penjelasan fungsi dan manfaat produk.
3. Brand copywriting
Brand copywriting adalah jenis copywriting yang fokus dalam menyampaikan citra dan identitas dari suatu brand.
4. SEO Copywriting
SEO copywriting adalah copywriting fokus untuk tampil dalam mesin pencari. Di mana seringkali calon konsumen harus membuka mesin pencari untuk mengetahui informasi sebelum membeli produk.
5. Technical Copywriting
Copywriting jenis ini lebih berfokus dalam memberikan pengetahuan yang mendalam terkait cara kerja suatu produk ataupun layanan. Umumnya, jenis copywriting ini digunakan pada produk kecantikan, teknologi, ataupun produk kesehatan.
I. TEMUAN PERMASALAHAN DAN PENYELESAIANNYA
-
J. KESIMPULAN
Jadi, copywriting adalah suatu metode pembuatan materi pemasaran yang mampu membujuk audiens di dalamnya guna melakukan berbagai tindakan yang memang Anda inginkan.
K. REFERENSI